1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Sistem Pelayanan

SISTEM LAYANAN PERPUSTAKAAN

(1)    Ruang Baca.

Berisi buku penunjang belajar mengajar, kamus, buku pedoman, buku petunjuk, buku terbitan pemerintah, penulisan penelitian, skripsi, majalah / magazine, jurnal ilmiah, buletin ilmiah (terbitan berseri). Setiap anggota berhak mencari ilmu  dengan membaca buku apapun yang tersedia, tetapi tidak semua buku dapat dipinjam.

Setiap buku referensi perkuliahan yang tersedia pada rak disebelah kiri dapat dipinjam, tetapi buku-buku diktat, jurnal, prosiding dan majalah hanya dapat dibaca pada ruang perpustakaan dan tidak diperkenankan dipinjam.

(2)    Ruang Audio Visual,
Berisi kaset video penunjang metode kuliah yang diajarkan dikelas sesuai dengan satuan acara perkuliahan yang berlaku.

(3)    Ruang Internet.
Ada 4set computer yang berisi penelitian ilmiah, skripsi, ejurnal nasional maupun internasioanal dengan beberapa link, bahkan ebook dari kubuku dengan logo STMIK JAKARTA STI&K dapat digunakan untuk melakukan pencarian data yang diperlukan untuk bahan referensi penulisan penelitian ilmiah, skripsi, tesis maupun disertasi.

(4)    Link Kerjasama dengan Perpustakaan Lain

•    Link dengan beberapa perpustakaan digital, antara lain :

Perpustakaan Gunadarma,
Perpustakaan Universita Indonesia,
Perpustakaan Ganesha ITB
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Perpustakaan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)
Perpustakaan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Indonesia)
Perpustakaan BPPT (Badan Pengkajian & Penerapan Teknologi)
Perpustakaan BI ( Bank Indonesia)
Perpustakaan  Balai Pustaka

•    Link e-jurnal
JATIT
CIS
IJCSEIT
IJCEE
Jurnal Ilmiah Komputasi STMIK Jakarta STI&K

•    Link Publishing
AIRCC Publishing
Emerald PUBLISHING
W3C XHTML 1.0
W3C XHTML CSS

(5). Pelayanan Perpustakaan

Setiap anggota perpustakaan yang datang ke perpustakaan wajib mengisi buku tamu, secara online atau offline jika ada kendala dengan jaringan. Isi sesuai dengan kebutuhan maksud kedatangan dengan tujuan membaca, membutuhkan surat bebas perpustakaan, menyumbang buku, meminjam buku, mengembalikan buku, menggunakan internet maupun audio visual.

a)    Peminjaman Buku.


  1. Mengisi buku kunjungan.secara online pada computer yang tersedia atau offline pada buku tamu jika internet tidak berfungsi karena gangguan teknis.
  2. Lihat rak katalog kemudian mengambil buku yang akan dipinjam maksimal 2exemplar dan memberikan pada petugas untuk diproses dengan memperlihatkan KTM yang berlaku pada semester tersebut.
  3. Buku tersebut boleh dibawa oleh anggota perpustakaan, dengan ketentuan yang berlaku sebagai peminjam.
  4. Buku  yang  dipinjam  ada batas waktu yang ditentukan dan harus segera dikembalikan dengan tepat waktu pada petugas perpustakaan.
  5. Mengikuti peraturan perpustakaan dengan mengindahkan buku mana yang boleh atau tidak boleh dipinjam (hanya boleh dibaca pada ruang perpustakaan).

(b) Pengembalian Buku.

  1. Mengisi Mengisi buku kunjungan.secara online pada computer yang tersedia atau offline pada buku tamu jika internet tidak berfungsi karena gangguan teknis.
  2. Membawa buku yang dipinjam untuk dikembalikan dan kartu anggota.
  3. Jika masih membutuhkan buku pinjaman tersebut, peminjam boleh memperpanjang kembali peminjaman buku tersebut dengan penambahan waktu 1 (satu) minggu.
  4. Mengambil kembali kartu anggota dari petugas layanan dan lakukan validasi data bahwa peminjam telah benar mengembalikan buku tersebut dengan tepat waktu atau sebelum waktu pengembalian maupun memang benar ada keterlambatan waktu dalam pengembalian dan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku. sebelum meninggalkan ruang perpustakaan.

 

(c)  Surat Keterangan Bebas Perpustakaan
Dikeluarkan untuk keperluan sebagai berikut :

  1. Surat keterangan bebas pinjaman buku perpustakaan untuk persyaratan sidang jenjang Diploma Tiga (D3) dan Strata satu (S1).
  2. Surat bukti penyerahan perbaikan penulisan penelitian setara Diploma Tiga (D3) yang telah di revisi dan setujui oleh dosen pembimbing dan koordinator bagian sidang, selanjutnya digunakan sebagai persyaratan calon peserta sidang sarjana (S1) jurusan sistem informasi / sistem komputer.
  3. Surat bukti penyerahan perbaikan penulisan penelitian setara Diploma Tiga (D3), bagi mahasiwa pindahan wajib menyumbang buku yang sudah ditentukan perpustakaan (lihat list di Perpustakaan) sebagai pengganti penulisan penelitian dan selanjutnya digunakan sebagai persyaratan calon peserta sidang sarjana (S1) jurusan sistem informasi / sistem komputer.
  4. Surat bukti penyerahan perbaikan Penulisan Penelitian Diploma Tiga (D3) yang telah di revisi dan di setujui oleh dosen pembimbing dan koordinator bagian sidang selanjutnya dapat digunakan untuk pengambilan ijazah D.3
  5. Surat bukti penyerahan perbaikan skripsi yang telah disetujui dosen pembimbing selanjutnya dapat digunakan untuk pengambilan ijazah S1.
  6. Surat  bukti sumbangan buku atau uang pengganti sumbangan buku bagi setiap mahasiswa yang telah lulus sidang Diploma Tiga (D3) /  Strata Satu (S1) jurusan sistem informasi dan sistem komputer digunakan untuk pengambilan ijazah.